Bikin Irigasi Sistem Kapiler Bersama Mahasiswa PKL UB Jurusan Pertanian

Hari ini kami bikin kreasi irigasi sistem kapiler. Mencoba mengenalkan ke teman-teman PKL dari universitas Brawijaya yang sudah berlangsung beberapa minggu yang lalu.

Sebenarnya sistem ini sangat sederhana. Hanya memanfaatkan daya kapilaritas. Kapilaritas sendiri bisa diartikan sebagai kemampuan meresapnya zat cair melalui pembuluh kapiler (celah kecil pada material).

Tujuan pembuatannya juga sederhana, membantu proses pengairan/irigasi saja agar tidak memakan waktu banyak menyiram secara manual dengam gembor atau selang. 


Cara membuat irigasi sistem kapiler juga sangat mudah. Kain dengan daya resap besar (flanel atau karper kasar). Di masukkan ke lubang pot/polibag dan disambungkan dengan media tanam. Ujung yang diluar disambungkan dengan air.

Sistem kerjanya juga sederhana: air akan meresap melalui pipa kapiler kain kemudian tanah dan dari tanah akan diserap tanaman.

Saat kami tanya salah satu mahasiswa PKL UB ternyata baru kali ini tahu soal irigasi kapiler ini. Alhamdulillah, berarti mereka dapat ilmu baru dengan kegiatan ini. Ilmu riil, bukan hanya teori. Heehe

Gogrin
Gogrin Kami bergerak di bidang pertanian organik, mulai budidaya hingga pengolahan

Tidak ada komentar untuk "Bikin Irigasi Sistem Kapiler Bersama Mahasiswa PKL UB Jurusan Pertanian"